Aksi Nyata- Topik 3- Prinsip Pengajaran dan Asesmen 1- Rita Afriany, S.Pd- PPG Prajabatan 2023

 

TOPIK 3 AKSI NYATA

Disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen

 

Nama :Rita Afriany, S.Pd

Nim : 2330111720416

AKSI NYATA

Pada tahap selanjutnya dari kegiatan perkuliahan ini, Anda dapat mencoba untuk menyusun draft rancangan pembelajaran dan asesmen sesuai dengan pendekatan TaRL. Tugas rancangan pembelajaran ini akan disempurnakan pada topik selanjutnya.

Baiklah, setelah belajar, berdiskusi, menelaah kesesuaian pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik, hingga mencoba merancang pembelajaran dan asesmen semoga pemahaman Anda tentang dengan pendekatan TaRL tersebut menjadi lebih baik.

Menyusun Rancangan Pembelajaran dan Asesmen sesuai dengan pendekatan TaRL : Pembelajaran sesuai dengan tingkat capaian merupakan sebuah pendekatan belajar yang mengacu pada tingkatan capaian atau kemampuan peserta didik. Seringkali disebut juga sebagai Teaching at the Right Level (TaRL). Pendekatan pembelajaran ini tidak mengacu pada tingkatan kelas, namun disesuaikan dengan capaian, tingkat kemampuan, karakteristik dan kebutuhan peserta didik guna mencapai capaian pembelajaran yang diharapkan

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Tema : Berkenalan dengan Alam

Kompetensi Dasar : Peserta didik mampu membandingan persamaan dan perbedaan fenomena lingkungan sekitar sebagai proses geografis.

Indikator : Dengan berkenalan dengan alam lingkungan sekitar tempat kita tinggal, peserta didik dapat memahami, lingkungan sekitarnya dan cara memanfaatkannya dengan bijak dan juga pelestarian lingkungan sekitar.

Tahap 1: Asesmen Diagnostik

Untuk mengimplementasikan pembelajaran yang sesuai tingkat capaian peserta didik (TaRL), maka asesmen menjadi tahap pertama yang harus dilakukan. Asesmen ini biasa disebut juga asesmen diagnostik. Asesmen ini bertujuan untuk mengenali potensi, karakteristik, kebutuhan, tahap perkembangan, dan tahap capaian pembelajaran peserta didik.

·         Guru menjelaskan lembar kerja peserta didik

·         Peserta didik difasilitasi guru untuk mengaitkan video/ gambar/ bacaan yang telah ditampilkan dengan merinci apa saja lingkungan yang ada di sekitar peserta didik

·         Peserta didik mengidentifikasi proses pembentukan bumi dan munculnya aktivitass kehidupan di bumi, dan cara pelestarian bumi dari pencemaran (air, udara, dan tanah)

·         Guru mengelompokkan peserta didik menjadi tiga kelompok berdasarkan tingkat kemampuan mereka, yaitu:

 

Ø  Kelompok 1: Peserta didik yang sudah mampu mengenali bagaimana cara melestarikan lingkungan tempat tinggal kita sendiri.

Ø  Kelompok 2: Peserta didik yang sudah mampu mengenali  bagaimana cara melestarikan lingkungan dan makhluk hidup.

Ø  Kelompok 3: Peserta didik yang belum mampu mengenali makhluk hidup di bumi. Dan hanya bisa memahmai bagaiamna pencemaran lingkungan itu terjadi

Tahap 2: Perencanaan Pembelajaran

Tahap selanjutnya adalah menyusun perencanaan proses pembelajaran yang sesuai dengan data asesmen diagnostik. Dengan penyusunan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik, maka kita telah menempatkan peserta didik sebagai pusat utama pembelajaran, sesuai dengan filosofi Ki Hajar Dewantara

·         Guru menyiapkan bahan ajar yang sesuai dengan tingkat kemampuan masing-masing kelompok, yaitu:

Kelompok 1: Bahan ajar yang berisi materi tentang  bagaimana cara melestarikan lingkungan yang ada di sekitar tempat tinggal kita.

Kelompok 2: Bahan ajar yang berisi materi tentang bagaimana cara melestarikan lingkungan yang ada disekitar tempat gtinggal kita dan mahkluk hidup

Kelompok 3: Bahan ajar yang berisi materi tentang  materi tentang pencemaran lingkungan, bagaimana mahkluk hidup dan sebagainya.

·         Guru menyiapkan media pembelajaran yang dapat digunakan oleh peserta didik untuk mempelajari materi yang telah disiapkan, yaitu:

Kelompok 1: Media pembelajaran berupa buku pegangan, laptop, internet, dan kertas.

Kelompok 2: Media pembelajaran berupa buku pegangan, handphone, internet, dan kertas.

Kelompok 3: Media pembelajaran berupa buku pegangan, gambar-gambar mengenai mahkluk hidup dan pencemaran lingkungan

Tahap 3: Pembelajaran

Selama proses pembelajaran berlangsung, maka asesmen-asesmen berkala perlu dilakuan untuk melihat proses pemahaman, kebutuhan, kemajuan peserta didik selama pembelajaran atau biasa disebut asesmen formatif. Adapun asesmen sumatif, sebagai proses evaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran di akhir suatu pembelajaran juga diperlukan untuk membantu pendidik merancang masalah berikutnya

  • ·Guru membagi kelas menjadi tiga kelompok sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik yang telah ditentukan sebelumnya.

·         Guru memberikan bahan ajar dan media pembelajaran yang sesuai kepada masing-masing kelompok dan memberikan instruksi tentang cara mempelajari materi yang telah disiapkan.

·         Guru memberikan waktu yang cukup kepada peserta didik untuk mempelajari materi yang telah disiapkan secara mandiri atau berkelompok sesuai dengan kebutuhan mereka.

·         Guru berkeliling kelas/kelompok yang ada di kelas untuk memantau dan membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mempelajari materi yang telah disiapkan.

·         Guru melakukan asesmen formatif secara berkala untuk mengukur perkembangan peserta didik dalam memahami materi yang telah disiapkan.

·         Guru memberikan umpan balik dan saran perbaikan kepada peserta didik berdasarkan hasil asesmen formatif yang telah dilakukan.

·         Guru melakukan asesmen sumatif di akhir pembelajaran untuk mengevaluasi pencapaian peserta didik dalam menguasai materi yang telah disiapkan.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

02.02.b.3-T3-7-a Aksi Nyata - Tugas 3.3. Refleksi dan Rencana Tindak Lanjut- Rita Afriany, S.Pd- anak Kalimantan Barat- Putussibau

UAS PRINSIP PENGAJARAN DAN ASESMEN 1- RITA AFRIANY- SEMESTER 1- PPG PRAJABATAN GLOMBANG 1 2023