Aksi Nyata- Topik 3- Prinsip Pengajaran dan Asesmen 1- Rita Afriany, S.Pd- PPG Prajabatan 2023
TOPIK
3 AKSI NYATA
Disusun
untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen
Nama :Rita Afriany, S.Pd
Nim : 2330111720416
AKSI NYATAPada
tahap selanjutnya dari kegiatan perkuliahan ini, Anda dapat mencoba untuk
menyusun draft rancangan pembelajaran dan asesmen sesuai dengan pendekatan
TaRL. Tugas rancangan pembelajaran ini akan disempurnakan pada topik
selanjutnya.
Baiklah,
setelah belajar, berdiskusi, menelaah kesesuaian pembelajaran dengan tingkat
capaian dan karakteristik peserta didik, hingga mencoba merancang pembelajaran
dan asesmen semoga pemahaman Anda tentang dengan pendekatan TaRL tersebut
menjadi lebih baik.
Menyusun
Rancangan Pembelajaran dan Asesmen sesuai dengan pendekatan TaRL :
Pembelajaran sesuai dengan tingkat capaian merupakan sebuah pendekatan belajar
yang mengacu pada tingkatan capaian atau kemampuan peserta didik. Seringkali
disebut juga sebagai Teaching at the Right Level (TaRL). Pendekatan
pembelajaran ini tidak mengacu pada tingkatan kelas, namun disesuaikan dengan
capaian, tingkat kemampuan, karakteristik dan kebutuhan peserta didik guna
mencapai capaian pembelajaran yang diharapkan
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema
: Berkenalan dengan Alam
Kompetensi
Dasar : Peserta didik mampu membandingan persamaan dan perbedaan fenomena
lingkungan sekitar sebagai proses geografis.
Indikator
: Dengan berkenalan dengan alam lingkungan sekitar tempat kita tinggal, peserta
didik dapat memahami, lingkungan sekitarnya dan cara memanfaatkannya dengan
bijak dan juga pelestarian lingkungan sekitar.
Tahap
1: Asesmen Diagnostik
Untuk
mengimplementasikan pembelajaran yang sesuai tingkat capaian peserta didik
(TaRL), maka asesmen menjadi tahap pertama yang harus dilakukan. Asesmen ini
biasa disebut juga asesmen diagnostik. Asesmen ini bertujuan untuk mengenali
potensi, karakteristik, kebutuhan, tahap perkembangan, dan tahap capaian
pembelajaran peserta didik.
·
Guru menjelaskan lembar kerja peserta
didik
·
Peserta didik difasilitasi guru untuk
mengaitkan video/ gambar/ bacaan yang telah ditampilkan dengan merinci apa saja
lingkungan yang ada di sekitar peserta didik
·
Peserta didik mengidentifikasi proses
pembentukan bumi dan munculnya aktivitass kehidupan di bumi, dan cara
pelestarian bumi dari pencemaran (air, udara, dan tanah)
·
Guru mengelompokkan peserta didik menjadi
tiga kelompok berdasarkan tingkat kemampuan mereka, yaitu:
Ø Kelompok
1: Peserta didik yang sudah mampu mengenali bagaimana cara melestarikan
lingkungan tempat tinggal kita sendiri.
Ø Kelompok
2: Peserta didik yang sudah mampu mengenali bagaimana cara melestarikan lingkungan dan makhluk
hidup.
Ø Kelompok
3: Peserta didik yang belum mampu mengenali makhluk hidup di bumi. Dan hanya
bisa memahmai bagaiamna pencemaran lingkungan itu terjadi
Tahap
2: Perencanaan Pembelajaran
Tahap
selanjutnya adalah menyusun perencanaan proses pembelajaran yang sesuai dengan
data asesmen diagnostik. Dengan penyusunan pembelajaran yang sesuai dengan
tingkat kemampuan peserta didik, maka kita telah menempatkan peserta didik
sebagai pusat utama pembelajaran, sesuai dengan filosofi Ki Hajar Dewantara
·
Guru menyiapkan bahan ajar yang sesuai
dengan tingkat kemampuan masing-masing kelompok, yaitu:
Kelompok
1: Bahan ajar yang berisi materi tentang bagaimana cara melestarikan lingkungan yang
ada di sekitar tempat tinggal kita.
Kelompok
2: Bahan ajar yang berisi materi tentang bagaimana cara melestarikan lingkungan
yang ada disekitar tempat gtinggal kita dan mahkluk hidup
Kelompok
3: Bahan ajar yang berisi materi tentang materi tentang pencemaran lingkungan, bagaimana
mahkluk hidup dan sebagainya.
·
Guru menyiapkan media pembelajaran yang
dapat digunakan oleh peserta didik untuk mempelajari materi yang telah
disiapkan, yaitu:
Kelompok
1: Media pembelajaran berupa buku pegangan, laptop, internet, dan kertas.
Kelompok
2: Media pembelajaran berupa buku pegangan, handphone, internet, dan kertas.
Kelompok
3: Media pembelajaran berupa buku pegangan, gambar-gambar mengenai mahkluk
hidup dan pencemaran lingkungan
Tahap
3: Pembelajaran
Selama
proses pembelajaran berlangsung, maka asesmen-asesmen berkala perlu dilakuan
untuk melihat proses pemahaman, kebutuhan, kemajuan peserta didik selama
pembelajaran atau biasa disebut asesmen formatif. Adapun asesmen sumatif,
sebagai proses evaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran di akhir suatu
pembelajaran juga diperlukan untuk membantu pendidik merancang masalah
berikutnya
- ·Guru membagi kelas menjadi tiga kelompok
sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik yang telah ditentukan sebelumnya.
·
Guru memberikan bahan ajar dan media
pembelajaran yang sesuai kepada masing-masing kelompok dan memberikan instruksi
tentang cara mempelajari materi yang telah disiapkan.
·
Guru memberikan waktu yang cukup kepada
peserta didik untuk mempelajari materi yang telah disiapkan secara mandiri atau
berkelompok sesuai dengan kebutuhan mereka.
·
Guru berkeliling kelas/kelompok yang ada
di kelas untuk memantau dan membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan
dalam mempelajari materi yang telah disiapkan.
·
Guru melakukan asesmen formatif secara
berkala untuk mengukur perkembangan peserta didik dalam memahami materi yang
telah disiapkan.
·
Guru memberikan umpan balik dan saran
perbaikan kepada peserta didik berdasarkan hasil asesmen formatif yang telah
dilakukan.
·
Guru melakukan asesmen sumatif di akhir
pembelajaran untuk mengevaluasi pencapaian peserta didik dalam menguasai materi
yang telah disiapkan.
Komentar
Posting Komentar