UAS PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM- SEMESTER 1- PPG PRAJABATAN GLOMBANG 1- RA

 

 

UJIAN AKHIR SEMESTER 1

PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM

 



 

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Akhir Semester pada mata kuliah perancangan dan pengembangan kurikulum

Dosen Pengampuh :

Oleh

Rita Afriany, S.Pd

2330111720416

 

 

 

 

PENDIDIKAN PROFESI GURU PRAJABATAN

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

KALIMANTAN SELATAN

BANJARMASIN

2023

 

 

 

 

 

 

Dari seluruh konsep tentang perancangan dan pengembangan kurikulum menggunakan kerangka UbD, Silahkan bereksplorasi untuk mengembangkan rancangan pembelajaran berbasis UbD sesuai dengan template serta aspek pemahaman dalam UbD. Adapun kurikulum yang anda kembangkan adalah sebagai berikut :

1.      Visi dan Misi  SMP Negeri 27 Banjarmasin

Visi :

Menghasilkan siswa yang jujur, berwawasan IPTEK, Seni dan budaya yang berlandasan IMTAQ serta peduli kebersihan dan keindahan lingkungan

 

Misi:

·  Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan  secara efektif  sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki

·         Menumbuhkan nilai kejujuran serta semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah

·         Mendorong dan membantu setiap siswa dapat berkembang secara optimal

·   Menumbuhkan dan mendorong keunggulan dalam penerapan ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni

·         Menumbuhkan Penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga terbangun siswa yang kompetensi dan berakhlak mulia

·         Menumbuhkan kesadaran warga sekolah dalam menjaga / memelihara kebersihan dan mewujudkan lingkungan yang hijau dan asri

·         Menumbuhkan kesadaran warga sekolah untuk ikut gerakan suka menanam pohon

· Mamfasilitasi pengembangan diri melalui kegiatan bimbingan konseling dan ekstrakurikuler

·         Menumbuh Kembangkan kepribadian sosial yang tinggi terhadap sesama warga sekolah dan lingkungan sekitar

·         Menghasilkan lulusan yang berkualitas, berprestasi, berakhlak mulia, jujur dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa

2.      Tujuan Lembaga

Meningkatkan Kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik setiap tahunnya, Menumbuhkan rasa kepedulian dan empati terhadap sesama lingkungan dan budaya lokal. Serta meningkatkan keterampilan dan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi, berpikir kritis, dan berinovasi. Sehingga akan meningkatkan partisipasi orang tua dalam pendidikan anak-anak mereka dan memperkuat hubungan antara sekolah dan wali murid. Dan yang terakhir meningkakkan efektivitas serta efisiensi manajemen sekolah untuk mencapai tujuan dan visi sekolah.

 

3.      Landasan Kurikulum

Kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum 2013 untuk kelas VIII dan IX, sedangkan kelas VII menggunakan kurikulum Merdeka. Kurikulum ini mengusung pendekatan pembelajaran yang berbasis kompetensi dan memerdekan peserta didik. Adapun jika ada Perubahan kurikulum, Maka akan dilakukan dengan mengevaluasi terlebih dahulu dari kurikulum sebelumnya sesuai dengan kebijakan pemerintah.

 

4.      Rancangan Pembelajaran UbD

Template Rancangan Pembelajaran Menggunakan Backward Design

Oleh : Grant Wiggins dan Jay Mc Tighe (2005)

 

 

IDENTITAS SEKOLAH

Satuan Pendidikan      : SMP Negeri 27 Banjarmasin

Kelas/Semester            : VIII/Ganjil

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial

Guru Model                 : Rita Afriany, S.Pd

Materi                          : Mobilitas Sosial

Pembelajaran ke          : 2

Alokasi waktu             : 2 x Pertemuan (45 Menit)

 

 

 

 

 

 

Tahap 1 :



Tahap 2



Tahap 3






PEMAHAMAN UbD

1.      DAPAT MENJELASKAN

a.       Guru memberikan stimulus dengan mengaitkan materi Mobilitas Sosial dengan kehidupan sehari-hari, Kemudian peserta didik di giring untuk berpendapat atau menjelaskan bagaiamana tingkatan mobiltas sosial.

b.      Guru memberikan stimulus dengan memberikan contoh gambar Hak dan kewajiban sebagai seorang siswa, Lalu siswa menjelaskan Hak dan Kewajiban yang harus ia lakukan di Sekolah maupun di Rumah.

 

2.      DAPAT MENAFSIRKAN

Setelah peserta didik menjelaskan tentang opininya, Selanjutnya peserta didik diarahkan untuk menafsirkan kegiatan Mobilitas sosial, Serta menafsirkan dalam bentuk-bentuknya dalam gambar.

 

3.      DAPAT MENERAPKAN

Peserta didik diberikan stimulus untuk menerapkannya dengan cara menyebutkan contoh mobilitas sosial, Pada materi bentuk-bentuk mobilitas sosial.

Contoh, Mobilitas Antargenerasi : seorang anak menjadi seorang dokter, sementara ayahnya dahulu hanya seorang petani. Sedangkan Mobilitas antargenerasi turun, misalnya seorang anak menjadi karyawan biasa, sementara ayahnya dahulu merupakan seorang pengusaha yang memiliki banyak karyawan.

 

4.      MEMILIKI PERSPEKTIF

Guru memberikan studi kasus berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) utuk menyelesaikan permasalahan yang ada dengan berdiskusi atau mandiri dan di presentasikan didepan Kelas

 

5.      DAPAT BEREMPATI

Dengan studi kasus melalui LKPD, Peserta didik mampu menganalisis permasalahan yang ada dengan menghargai dan mendengarkan pendapat teman. Selain itu sehubungan dengan materi mengenai kegiatan Mobilitas Sosial dalam kehidupan sehari-hari berarti siswa/peserta didik harus mengetahui contoh bentuk-bentuk mobilitas sosial, agar bisa menjadi contoh untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang.

 

6.      MEMILIKI PENGETAHUAN DIRI

Peserta didik dapat menuliskan refleksi terkait materi yang belum dipahami, Selain itu memberikan gambaran kepada peserta didik melalui kegiatan sehari-hari yang relevan dengan materi.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

02.02.b.3-T3-7-a Aksi Nyata - Tugas 3.3. Refleksi dan Rencana Tindak Lanjut- Rita Afriany, S.Pd- anak Kalimantan Barat- Putussibau

Aksi Nyata- Topik 3- Prinsip Pengajaran dan Asesmen 1- Rita Afriany, S.Pd- PPG Prajabatan 2023

UAS PRINSIP PENGAJARAN DAN ASESMEN 1- RITA AFRIANY- SEMESTER 1- PPG PRAJABATAN GLOMBANG 1 2023