Koneksi Antar Materi- Topik 3- Pembelajran Berdiferensiasi- Rita Afriany- PPG PRAJABATAN IPS

 Koneksi Antar Materi

Topik 3- Pembelajaran Berdeferensiasi



Disusun oleh:
Rita Afriany, S.Pd
2330111720416

PENDIDIKAN PROFESI GURU PRAJABATAN
PENDIDIKAN GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN 
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
KALIMANTAN SELATAN 
BANJARMASIN
2024






 

A. keterkaitan strategi pembelajaran dengan pembelajaran berdiferensiasi

Strategi Pembelajaran

Deskripsi

Keterkaitan dengan pembelajaran Berdeferensiasi

Project Based Learning

Pembelajaran yang berfokus pada proyek atau tugas yangharus diselesaikan oleh pesertadidik dengan mengintegrasikan berbagai keterampilan dan pengetahuan.

Memberikan kesempatan bagi pesertadidik untuk belajar danmengeksplorasi topik yang merekaminati, menumbuhkan kemampuankerjasama, memperkaya pengalaman,dan memperbaiki kemampuan kritis.Pembelajaran berdiferensiasi dapatdilakukan dengan memberikan proyekyang berbeda sesuai dengan tingkatketerampilan atau minat peserta didik

Small Group Discussion

Diskusi kelompok kecil antara peserta didik dan dipandu olehguru, biasanya membahas topikyang diberikan

Memberikan kesempatan bagi pesertadidik untuk berinteraksi secaralangsung dan saling berbagi pemahaman dan pengalaman.Pembelajaran berdiferensiasi dapatdilakukan dengan memberikan topikyang berbeda untuk setiap kelompokatau dengan membentuk kelompokdengan peserta didik yang memilikiminat atau tingkat keterampilan yangsama

Jigsaw Reading

Peserta didik dibagi menjadikelompok kecil, setiapkelompok membaca bagiantertentu dari bahan bacaan, lalu peserta didik bertukarkelompok untuk membagikaninformasi dan membangun pemahaman bersama

Memberikan kesempatan bagi pesertadidik untuk membangun pemahaman bersama dengan menggabungkan bagian-bagian informasi yangdiberikan oleh kelompok lain.Pembelajaran berdiferensiasi dapatdilakukan dengan memberikan bahan bacaan yang berbeda sesuai dengantingkat keterampilan peserta didik atau dengan membagi peserta didik menjadi kelompok yang memiliki minat atau Tingkat keterampilan yang sama.

Problem Based Learning

Peserta didik memecahkanmasalah atau menyelesaikantugas yang kompleks denganmenggunakan keterampilandan pengetahuan yang telahdipelajari

Memberikan kesempatan bagi pesertadidik untuk mengembangkanketerampilan pemecahan masalah, berpikir kritis, dan memperdalam pemahaman tentang topik yangdipelajari. Pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan denganmemberikan masalah atau tugas yang berbeda sesuai dengan tingkatketerampilan peserta didik atau denganmembentuk kelompok yang memilikiminat atau tingkat keterampilan yangsama

 

B. Sintaks Bebagai Stategi Pembelajaran

Strategi Pembelajran

Sintaks

Prokect Based Learning

Peserta didik mengerjakan proyek atau tugas dalam waktu yangditentukan, mengintegrasikan berbagai keterampilan dan pengetahuanuntuk mencapai hasil akhir. Guru berperan sebagai fasilitator danmemberikan bimbingan selama proses belajar

Small Group Discussion

Guru membagi peserta didik menjadi kelompok kecil, memberikantopik diskusi, dan memfasilitasi percakapan antara peserta didik dalamkelompok. Setelah diskusi selesai, kelompok dapat mempresentasikanhasil diskusi mereka kepada seluruh kelas.

Jigsaw Reading

Guru membagi peserta didik menjadi kelompok kecil dan memberikan bahan bacaan yang harus dibaca dan dipahami. Setiap kelompokmembaca bagian tertentu dari bahan bacaan dan kemudian bertukarinformasi dengan anggota kelompok lain untuk membangun pemahaman yang lebih baik tentang topik secara keseluruhan

Prablem Based Learning

Guru memberikan tugas atau masalah yang kompleks untukdiselesaikan oleh peserta didik. Peserta didik menggunakanketerampilan dan pengetahuan yang telah dipelajari untuk memecahkanmasalah dan mencapai hasil akhir. Guru berperan sebagai fasilitator danmemberikan bimbingan selama proses belajar.

 

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar murid. Untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi diperlukan perencanaan dan strategi yang nantinya akan diterapkan dalam pembelajaran. Setiap strageti pembelajaran perlu di integrasikan dengan pembelajaran berdiferensiasi. Macam-macam strategi pengajaran dalam pembelajaran berdiferensiasi Strategi pengajaran dapat diklasifikasikan menjadi 5, yaitu:

  • Strategi pengajaran langsung (direct instruction)
  • Strategi pengajaran tak langsung (indirect instruction)
  • Strategi pengajaran interaktif (interactive learning)
  • Strategi pengajaran mandiri (self-learning), dan
  • Strategi pengajaran melalui pengalaman (experimental),

Kaitan antar materi dengan modul lainnya yaitu pada mata kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen pada materi tingkat capaian dan karakteristik peserta didik. Pada materi tersebut juga dipelajari tentang pemetaan kebutuhan belajar peserta didik dan kemampuan masing-masing peserta didik yang meliputi:

  •  Kesiapan peserta didik dalam mempelajari materi baru
  • Minat peserta didik untuk mengikuti dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran
  • Gaya belajar peserta didik
  • Latar belakang peserta didik baik itu dari segi sosial, budaya dan lain sebagainya

Pemetaan kebutuhan belajar merupakan kunci pokok untuk dapat menentukan strategi yang sesuai dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik. Jika pemetaan yang kita lakukan kurang tepat maka perencanaan dan strateri yang akan kita terapkan nantinya akan menjadi kurang tepat pula.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

02.02.b.3-T3-7-a Aksi Nyata - Tugas 3.3. Refleksi dan Rencana Tindak Lanjut- Rita Afriany, S.Pd- anak Kalimantan Barat- Putussibau

Aksi Nyata- Topik 3- Prinsip Pengajaran dan Asesmen 1- Rita Afriany, S.Pd- PPG Prajabatan 2023

UAS PRINSIP PENGAJARAN DAN ASESMEN 1- RITA AFRIANY- SEMESTER 1- PPG PRAJABATAN GLOMBANG 1 2023