Koneksi Antar Materi- Topik 3- Pembelajran Berdiferensiasi- Rita Afriany- PPG PRAJABATAN IPS
Koneksi Antar Materi
Topik 3- Pembelajaran Berdeferensiasi
A.
keterkaitan strategi pembelajaran dengan pembelajaran berdiferensiasi
Strategi Pembelajaran |
Deskripsi |
Keterkaitan dengan pembelajaran Berdeferensiasi |
Project
Based Learning |
Pembelajaran
yang berfokus pada proyek atau tugas yangharus diselesaikan oleh pesertadidik
dengan mengintegrasikan berbagai keterampilan dan pengetahuan. |
Memberikan
kesempatan bagi pesertadidik untuk belajar danmengeksplorasi topik yang
merekaminati, menumbuhkan kemampuankerjasama, memperkaya pengalaman,dan
memperbaiki kemampuan kritis.Pembelajaran berdiferensiasi dapatdilakukan
dengan memberikan proyekyang berbeda sesuai dengan tingkatketerampilan atau
minat peserta didik |
Small
Group Discussion |
Diskusi
kelompok kecil antara peserta didik dan dipandu olehguru, biasanya membahas
topikyang diberikan |
Memberikan
kesempatan bagi pesertadidik untuk berinteraksi secaralangsung dan saling
berbagi pemahaman dan pengalaman.Pembelajaran berdiferensiasi dapatdilakukan
dengan memberikan topikyang berbeda untuk setiap kelompokatau dengan
membentuk kelompokdengan peserta didik yang memilikiminat atau tingkat
keterampilan yangsama |
Jigsaw
Reading |
Peserta
didik dibagi menjadikelompok kecil, setiapkelompok membaca bagiantertentu
dari bahan bacaan, lalu peserta didik bertukarkelompok untuk
membagikaninformasi dan membangun pemahaman bersama |
Memberikan
kesempatan bagi pesertadidik untuk membangun pemahaman bersama dengan
menggabungkan bagian-bagian informasi yangdiberikan oleh kelompok
lain.Pembelajaran berdiferensiasi dapatdilakukan dengan memberikan bahan
bacaan yang berbeda sesuai dengantingkat keterampilan peserta didik atau
dengan membagi peserta didik menjadi kelompok yang memiliki minat atau
Tingkat keterampilan yang sama. |
Problem
Based Learning |
Peserta
didik memecahkanmasalah atau menyelesaikantugas yang kompleks
denganmenggunakan keterampilandan pengetahuan yang telahdipelajari |
Memberikan
kesempatan bagi pesertadidik untuk mengembangkanketerampilan pemecahan
masalah, berpikir kritis, dan memperdalam pemahaman tentang topik
yangdipelajari. Pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan denganmemberikan
masalah atau tugas yang berbeda sesuai dengan tingkatketerampilan peserta
didik atau denganmembentuk kelompok yang memilikiminat atau tingkat
keterampilan yangsama |
B.
Sintaks Bebagai Stategi Pembelajaran
Strategi Pembelajran |
Sintaks |
Prokect
Based Learning |
Peserta
didik mengerjakan proyek atau tugas dalam waktu yangditentukan,
mengintegrasikan berbagai keterampilan dan pengetahuanuntuk mencapai hasil
akhir. Guru berperan sebagai fasilitator danmemberikan bimbingan selama
proses belajar |
Small
Group Discussion |
Guru
membagi peserta didik menjadi kelompok kecil, memberikantopik diskusi, dan
memfasilitasi percakapan antara peserta didik dalamkelompok. Setelah diskusi
selesai, kelompok dapat mempresentasikanhasil diskusi mereka kepada seluruh
kelas. |
Jigsaw
Reading |
Guru
membagi peserta didik menjadi kelompok kecil dan memberikan bahan bacaan yang
harus dibaca dan dipahami. Setiap kelompokmembaca bagian tertentu dari bahan
bacaan dan kemudian bertukarinformasi dengan anggota kelompok lain untuk
membangun pemahaman yang lebih baik tentang topik secara keseluruhan |
Prablem
Based Learning |
Guru
memberikan tugas atau masalah yang kompleks untukdiselesaikan oleh peserta
didik. Peserta didik menggunakanketerampilan dan pengetahuan yang telah
dipelajari untuk memecahkanmasalah dan mencapai hasil akhir. Guru berperan
sebagai fasilitator danmemberikan bimbingan selama proses belajar. |
Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar murid. Untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi diperlukan perencanaan dan strategi yang nantinya akan diterapkan dalam pembelajaran. Setiap strageti pembelajaran perlu di integrasikan dengan pembelajaran berdiferensiasi. Macam-macam strategi pengajaran dalam pembelajaran berdiferensiasi Strategi pengajaran dapat diklasifikasikan menjadi 5, yaitu:
- Strategi pengajaran langsung (direct instruction)
- Strategi pengajaran tak langsung (indirect instruction)
- Strategi pengajaran interaktif (interactive learning)
- Strategi pengajaran mandiri (self-learning), dan
- Strategi pengajaran melalui pengalaman (experimental),
Kaitan antar materi dengan modul lainnya yaitu pada mata kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen pada materi tingkat capaian dan karakteristik peserta didik. Pada materi tersebut juga dipelajari tentang pemetaan kebutuhan belajar peserta didik dan kemampuan masing-masing peserta didik yang meliputi:
- Kesiapan peserta didik dalam mempelajari materi baru
- Minat peserta didik untuk mengikuti dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran
- Gaya belajar peserta didik
- Latar belakang peserta didik baik itu dari segi sosial, budaya dan lain sebagainya
Pemetaan
kebutuhan belajar merupakan kunci pokok untuk dapat menentukan strategi yang
sesuai dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik. Jika pemetaan
yang kita lakukan kurang tepat maka perencanaan dan strateri yang akan kita
terapkan nantinya akan menjadi kurang tepat pula.
Komentar
Posting Komentar